Friday, January 09, 2009

Perjalanan dan cerita yang panjang

Udah lama ga buka blog sama sekali ternyata blog di friendster banyak banget berubahnya, sempet bingung juga jadinya. Setelah di coba2 akhirnya bisa juga membuat blog aku lebih indah sedikit hehe...

Ga terasa kemo udah selesai, ga nyangka juga bisa kuat sampe kemo yang ke-6. Tentu aja itu semua ga lepas dari bantuan Tuhan, yang telah kasih aku hati yang tabah, jiwa yang semangat dan dukungan yang ga ada habisnya dari temen2 n keluarga, makasi Tuhan buat semuanya.

Berdasarkan perkiraan kemo 6 kali akan keluar masuk RS sebanyak 6 kali juga, ternyata salah, keluar-masuk RS bisa sampe 10 kali. Suster2 sampe udah kenal semua sama aku haha.. ada enaknya juga dikenal gitu, jadi merasa deket sama mereka, kemo yang ke-6 ga disangka2 tanggalnya bisa sama dengan tanggal waktu operasi, yaitu tanggal 17. Selesai kemo pun pas banget sama hari kemerdekaan, terasa bener2 merdeka hehe...

Perjalananku menuju kesembuhan masih sangat panjang, setelah selesai kemo tadinya aku berpikir kalo aku bisa lanjut kuliah lagi, ternyata maunya aku itu ga baik untuk aku sendiri, buktinya Tuhan ga kasih aku buat kuliah lagi, aku harus cuti 1 semester lagi, jadi kalo di total aku jadi cuti 1 tahun.

Walaupun sempet bersikeras mau kuliah, sampe doa setiap hari minta sama Tuhan supaya aku bisa kuliah tanggal 1 september. Sampai tanggal 31 agustus pun masih optimis bisa kuliah, meskipun dokter juga ga kasih untuk kuliah dulu, dengan alasan kondisi badan masih lemah, tapi aku ngerasa kuat.

Sampe akhirnya pasrah juga setelah pulang dari lab untuk ambil darah dan rontgen kaki, badan aku langsung panas dan menggigil, aku demam! dan malemnya hasil dari lab dateng dan ternyata lekosit aku jauh dibawah normal, yaitu 1000 yang seharusnya 5000-10000. Setelah papi n mami pulang langsung booking kamar RS dan langsung meluncu ke RS malem itu juga.

Setelah pulang dari RS tambah lagi masalah, ginjalku ga beres, dan setelah menjalani beberapa jenis pemeriksaan termasuk USG, dokter bilang ginjalku fungsinya tinggal 20%. Kaget banget waktu denger itu hiks.. aku jadi mikir, Tuhan banyak banget organ tubuh aku yang rusak?banyak yang ga normal..

Dokter yang kemo bilang kalo obat kemonya itu yang buat ginjalnya jadi rusak, biasanya ginjal bisa rusak karena ginjalnya sensitif atau kurang minum sewaktu menjalani kemo, dan aku ngeras penyebab ginjalku rusak karena kurang minum, aku kurang minum juga ada alesan, minum air putih tuh rasanya ga enak banget, mau muntah, makanya males minum, yang aku sedikit kesel kenapa dokter ga kasih aku nasihat supaya banyak minum?mungkin kalo dokter udah kasih peringatan/nasihat untuk banyak minum mungkin cara berpikir aku beda, aku bisa paksain untuk minum.

Hasilnya sekarang aku harus menjalani diet untuk mengurangi kerja ginjal, setiap hari makan sayur yang sama terus, banyak nasi diukur, pagi 4 sendok, siang dan sore 5-9 sendok, daging beratnya juga ditimbang harus sekian gram, begitu juga buah harus ditimbang sekian gram.. semuanya harus aku jalanin, supaya ginjalnya ga tambah parah.

Sedikit seneng waktu tanya ke dokter apa ginjalku bisa normal lagi?dokter bilang bisa, cuma agak lama.. ya gapapa Tuhan agak lama sembuhnya, toh nanti juga sembuh lagi kan, aku sabar koQ nunggunya. Seperti ayat yang dikasih sama opis aku 1tes 5:16-18, aku harus selalu bersyukur dan terus berdoa, amin... aku mau kerjain itu semua...

Cukup segini dulu deh ceritanya, udah capek ngetiknye hehe..

13 september 2008

No comments: