Wednesday, December 22, 2010

'Dia' muncul lagi!

Tidak terasa sudah 1 tahun lebih 8 bulan (kira-kira) aku menjalani pola makan yang ‘sadis’ ini. Seingatku sih mulai diet seperti ini sekitar bulan april 2009, tapi kalau melihat catatan di blogku, tulisan pertama tentang jus sayuran adalah bulan mei. Entahlah yang mana yang benar, yang mana yang salah, yang jelas aku sudah setahun lebih tidak makan daging, tidak makan goreng-gorengan dan tentunya tidak pernah makan enak.

Ya kalau aku ditanya pernah ga merasa kangen untuk makan makanan yang enak, ya tentu saja kangen dan bahkan sangat kangen :) pernah beberapa kali aku sering merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja, mau mencari variasi makanan yang lain tapi bahan yang boleh aku makan terbatas (dibatasi)… jadilah itu-itu saja makanan yang ada. Beruntung sekali perasaan seperti itu tidak sering muncul, hanya sesekali.

Pernah sampai satu titik di mana aku sangat bosan dengan makanan yang ada, kemudian aku membuat perjanjian dengan diriku sendiri, “makanan yang ada tidak boleh aku tolak.” Sejauh ini perjanjian ini masih ampuh mengatasi rasa bosan itu, ya walaupun bosan itu kadang tetap muncul tapi masih bisa teratasi.

Aku pernah mengalami dilema menjalani pola makan seperti ini. Yang mungkin dilema seperti ini bisa muncul lagi di lain waktu. Eh sepertinya bukan dilema yah, mungkin lebih tepatnya adalah keraguan? Keraguan ini muncul jauh beberapa bulan sebelum aku menulis ini. Aku pernah berpikir apakah jalan (menjadi vegetarian) yang aku pilih ini benar?sedangkan teman-teman yang lain makan bebas ga papa tuh, oke-oke aja. Mereka tetap bisa menikmati makanan enak dan fine-fine aja, jadi buat apa aku harus seperti ini?

Kemudian aku menceritakan sekaligus bertanya kepada seorang sahabat mengenai keraguanku ini, “apa jalan yang gw pilih ini udah bener?” ya meskipun dia bukan seorang vegetarian tapi menurutku dari jawabannya itu dia mendukungku. Apa yang dia katakan menguatkan dan meyakinkan kembali apa yang sudah aku jalani. Terima kasih sahabat…

Dan sekarang keraguan ini muncul lagi :( Lagi-lagi aku bertanya pada diri sendiri, “apa ini udah bener?” Yah tulisan ini aku buat hanya sebagai pengingat kalau aku juga pernah mengalami keraguan ini dan aku sudah pernah mengatasinya. Rasa ragu yang dulu dengan yang sekrang masih tetap sama kok kekuatannya, ia tidak bertambah kuat ataupun bertambah lemah. Aku pasti bisa mengatasinya.

Bersyukur sekali aku bisa menjalani pola makan seperti ini sampai setahun lebih dan jujur aku ada perasaan bangga lho :) entah kenapa aku jadi merasa senang karena bisa mengalahkan secuil keinginan-keinginanku haha… pola pikir yang mungkin membuatku bisa bertahan adalah ingin mengalahkan nafsu duniawi… anjriiit ahahaa… ga begitu juga sih, tapi ya mirip-mirip lah maksudnya :p

Entah sampai kapan aku akan menjalani diet ‘sadis’ ini, mungkin sekitar 10 tahun ke depan?hmmm… kalau menjadi vegan sih aku sudah berniat untuk seumur hidup. Tapi jika ditawari mie?nasi goring?terima apa ga yah?hahaha…

No comments: