Saturday, June 27, 2009

Falun Dafa (Falun Gong) Bukan Agama?

Apa yang ada di dalam kepala Anda, pikiran Anda, benak Anda, atau apapun itu namanua, setelah melihat gambar ini? Ini adalah lambing dari Falun Dafa/Falun Gong.

Berawal dari perbincangan ayah saya dengan teman kantornya yang bernama X, mengenai keadaan saya, kemudian si X bilang untuk mencoba Falun Gong. Berdasarkan informasinya, Falun Gong adalah olahraga semacam Tai Chi, dan tidak mengandung unsur agama, kemudian dia juga memberi kesaksian bahwa ibu mertuanya sembuh dari sakit setelah latihan Falun Gong.

Mungkin setelah 2 minggu dari perbincangan waktu itu, jumat, 13 maret 2009 saya dikunjungi oleh beberapa orang yang mengaku berasal dari/mengatas namakan diri mereka Falun Gong. Mereka berjumalh 3 orang, 2 orang wanita dan 1 orang pria. Salah satu dari mereka (wanita) adalah warga negara asing, dari Cina.

Tujuan mereka datang, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengajarkan saya Falun Gong, yang katanya bisa menyembuhkan penyakit.

Setelah berbincang sedikit untuk menjelaskan Falun Gong, kemudian saya juga diberi brosur tentang Falun Gong, lalu mulai saya diajarkan gerakan2 Falun Gong. Semua gerakan berjumlah 5, saya baru diajarkan gerkan ke-1, ke-2 dan ke-5, saya dianjurkan untuk latihan setiap hari.

Mereka juga menawarkan VCD latihan dan musik untuk latihan dengan sejumlah harga, yang katanya di dalam VCD itu diajarkan gerakann-gerakannya semua. Kemudian mereka pamit pulang dan berjanji akan datang lagi untuk kembali melanjutkan mengajarkan gerakan yang lainnya, sebelumnya ayah saya menanyakan tentang berapa biaya untuk latihan ini (biasanya kan bayar), mereka bilang tidak usah bayar, alias gratis. Dalam hati saya bingung, apa untungnya mereka datang jauh-jauh dari Citra I ke rumah saya hanya untuk mengajarkan Falun Gong? Kemudian saya mengambil kesimpulan kalau mereka memang baik, murni mempunyai tujuan untuk membantu.

Sepulangnya mereka, saya yang memang tertarik dengan Falun Gong ini mulai membaca brosurnya, di brosur itu juga ditegaskan kalau Falun Gong bukanlah agama, “Falun Gong bukanlah agama, karena tidak ada ritual, formalitas atau aktivitas apapun yang seringkali digunakan dalam agama.” Dan saya percaya itu. Di brosur itu juga menceritakan tentang penganiayaan pemerintah Cina terhadap orang-orang yang latihan Falun Gong ini.

Apa yang menyebabkan demikian?Falun Gong mengatakan kalau ia difitnah oleh pemerintah Cina, karena takut menjatuhkan kekuasaan presiden Jiang Zemin (kalau tidak salah tulis) yang pada waktu itu masih berkuasa (1998), dan masih berlangsung sampai sekarang.

Saya yang mungkin waktu itu memang sudah ‘kebelet’ dengan Falun Gong, tidak terlalu mau ambil pusing degan hal-hal seperti itu, saya langsung membuka websitenya, yang tertera di brosur, alangkah senangnya saya karena di website itu terdapat video latihan, mp3 untuk latihan, buku Falun Gong dan Zhuan Falun (fungsi buku ini katanya untuk membantu supaya mengerti prinsip Falun Dafa/Falun Gong), yang semuanya bisa di download secara gratis (kecuali buku Falun Gong).

Saya kemudian kembali berpikir, apakah VCD latihan yang mereka jual sama dengan yang ada di website?apakah musik latihan yang mereka jual sama juga dengan yang ada di website?

Singkat cerita, minggu, 15 maret 2009 saya dikunjungi lagi oleh Falun Gong ini. Mereka masih tetap bertiga, namun kali ini semuanya adalah wanita, 1 orang dari Cina yang kemarin pada hari jumat juga datang dan 2 orang oma-oma, yang kemudian baru saya tau kalau salah satu dari oma itu adalah ibu mertua dari si X.

Sebelum mulai latihan, si oma A (ibu mertua X) memberi saya beberapa barang, yaitu buku Zhuan Falun versi Bahasa Indonesia, VCD latihan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dan 6 buah pembatas buku yang betemakan Falun Dafa, dalam hati saya bilang, “waduh, jualannya koQ maksa?belom mesen udah suruh beli?”

Mereka juga mengeluarkan buku mereka yang berwarna kuning, yang baru saya tau kalau itu juga buku yang sama, yaitu Zhuan Falun, tapi dalam versi Bahasa Mandarin. Sewaktu si oma A menunjukkan buku kuning miliknya, dia memperlihatkan sebuah foto seseorang yang saya lihat dalam video latihan yang sudah saya download, katanya, “ini foto sifu (guru).” Melihat foto ini saya merasa ada sesuatu yang aneh, fotonya kira-kira seperti ini :


Ini sepertinya sih bukan foto yang sama persis seperti yang ada di buku, tapi kira-kira begitu, duduk bersila di atas teratai, dan memakai pakaian seperti itu. Untuk latar belakang dan posisi tangan saya lupa.

Kemudian saya disuruh merobek plastik buku Zhuan Falun tersebut, lalu saya diminta untuk membacakan bagian LUNYU (Lun-Yu – Kata Ulasan), agak malas sih membacanya, karena melihat tulisan yang lumayan panjang, tapi akhirnya saya baca juga.

Setelah selesai membaca LUNYU, saya pikir cukup sampai disini, ternyata saya masih dminta ungtuk membaca terus kira-kira sampai halaman 15 (dengan cara bergantian setiap paragraf), waduh capek juga.

Kemudian saya dijelaskan mengenai Falun Dafa/Falun Gong ini, mengenai prinsipnya, yaitu sejati, baik, dan sabar (zhen, shan, dan ren dalam Bahasa Mandarin). Katanya (oma A) “baca buku ini sampai habis, dan berulang-ulang, nanti kamu ngerti maksudnya.”

Lalu Oma B mulai bicara, memberikan kesaksiannya, dia bilang kalau dia dulu mempunyai penyakit diabetes, dan gula darahnya sampai 740, sampai-sampai tidak bisa untuk berjalan lagi, matanya juga agak kurang jelas dan juga rambutnya rontok (karena kebanyakan minum obat katanya). Setiap hari dia berdoa meminta kesembuhan, tapi kesembuhan itu tak kunjung datang, lalu dia bertemu dengan yang namanya Falun Gong ini, dia ikuti latihannya dan juga membaca bukunya (Zhuan Falun) setiap hari, setelah 3 minggu mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Rambut tidak rontok lagi, matanya mulai agak jelas, obat-obatan semakin dikurangi, dan akhirnya lama-lama sembuh. Dia bilang, “buku ini (Zhuan Falun) bagus.” “Setelah baca buku ini, kamu pasti nanti akan ngerasa enaaak.” “Asal kamu percaya sama sifu, pasti sembuh!” (Waduh tambah aneh lagi saya, kok begini ya?)

Oma A pun menceritakan hal yang sama, mengenai dia yang dulu sakit, dan kemudian sembuh setelah latihan Falun Gong dan membaca buku Zhuan Falun. Kemudian dilanjutkan dengan latihan.

Singkat cerita, selesai latihan sekitar jam 13:30 WIB. Tentu sudah waktunya makan, malah lebih, lalu sambil saya makan siang, oma A bilang, “buku ini (Zhuan Falun) harus dibaca setiap hari, kalau bisa 1 hari langsung baca habis, kalau tidak bisa juga tidak apa-apa” (400 halaman harus saya baca sampai habis setiap hari?mana kuat!) “Buku ini bukan buku biasa, jangan ditindih dengan buku yang lain ya, harus ditaruh di paling atas.” “Baca bukunya juga jangan sambil yang kayak orang malas-malasan ya, hormat sama sifu.” (gawat, gawat, makin ga bener ni). Oma B pun juga menambahkan bumbu-bumbu yang jenisnya sama mengenai buku itu. “Setiap baru mulai baca buku ini, kamu harus baca lunyu dulu sampai habis, baru boleh melanjutkan ke yang lain, harus ya itu.” “buku ini tu buat keselamatan jiwa kita.”

Ada 1 hal lagi yang aneh. Oma B ambil buku Zhuan Falun milik saya, kemudian menunjukkan foto Li Hongzi (pendiri Falun Dafa/Falun Gong). Berikut fotonya :


Oma itu bilang, “kalau kamu capek baca bukunya, kamu liat-liat aja foto sifu, kadang-kadang mukanya bisa berubah lho, kita bisa ngobrol lho sama dia.” Dia juga bilang kalau buku yang dia baca pernah berubah hurufnya menjadi warna emas. (makin, makin ga bener aja ini)

Setelah mereka pulang, semua hasrat saya untuk latihan Falun Gong hilang sama sekali, bagaimana tidak?menurut saya ini sangat bertentangan dengan agama saya, lalu saya jadi teringat mengenai cerita yang ada di brosur, kalau orang-orang yang latihan Falun Gong dianiaya, ditangkap dan dipenjarakan. Mungkin pemerintah Cina menganggapnya sebagai aliran sesat?menurut saya sih mungkin saja.

Berikut ini hal-hal yang saya anggap bertentangan dengan agama :

1. Mendewakan buku, yang jelas-jelas itu buku biasa.
2. Mendewakan manusia, yang jelas-jelas itu juga manusia biasa.

Tulisan di atas adalah 100% pendapat saya sendiri, yang berdasarkan pengalaman yang juga 100% saya alami.. Oya sedikit informasi, tulisan ini dibuat pada tanggal 17 maret 2009 hehe..

39 comments:

Titah said...

Thanks atas informasi yang begitu lengkap. Blognya bagus. Keep updating ya!

Anonymous said...

Alhamdulillah, ternyata ada yang sependapat dengan saya...

dendi said...

Sebenarnya dengan mengamalkan shalat dan dzikir2 standar dengan baik saja, maka insyaAllah bacaan Quran pun akan jadi obat. Ini pernah saya rasakan sendiri, bukankah AlQuran itu 'syifa' (obat)

Hendry Setiady said...

@anonymous : kamu juga berpendapat gitu?berarti saya tambah teman lagi yang sependapat hehe...

@dendi : iya betuul... saya sangat setuju!!! :)

tegarwongbali said...

Kalau ada niat baik ingin tahu tentang Falun Dafa Kunjungi Website kami : falundafa.0r.ir
http://www.falundafa.or.id/klarifikasi.htm

Terima kasih.

sri said...

maaf saya tidak sependapat, saya adalah seorang praktisi Falun Dafa juga seperti Oma2 tersebut. Saya telah lama berlatih mungkin sekitar 5 tahun lalu dan saya sering membaca buku Zhuan Falun tersebut. Mungkin banyak hal yang di sebutkan oleh 2 oma2 tersebut bagi anda sedikit tidak masuk akal, namun buku Zhuan Falun tersebut benar2 telah membukakan pikiran saya tentang kehidupan. Membuat saya menyadari banyak hal. Menuntun saya untuk selaku berprilaku _Sejati- Baik dan Sabar. Saya yang orangnya agak kurang sabar bisa lebih bersabar dan sangat jarang mengumbar amarah. Saya berharap anda tidak mencap Falun Dafa dari satu orang yang anda temui. Maksud dari oma2 itu adalah baik, beliau hanya menceritakan pengalamannya. Saya berharap mas Hendry bisa mencari info lebih lanjut tentang apa itu Falun Dafa di www.falundafa.or.id/klarifikasi.htm
.
Kami tidak memaksa orang untuk berlatih atau belajar, kami senantiasa ingin agar orang lain memahami kami yang sebenarnya dan tentu saja bisa ikut memperoleh manfaat kesehatan yang prima seperti yang telah kami peroleh dengan berlatih Falun Dafa, mas hendry ingin berlatih atau tidak itu terserah mas Hendry, kami juga secara sukarela melakukan hal ini. Saya hanya berharap mas hendry bisa mengubah pandangan anda tentang Falun Dafa, karena Falun Dafa itu bagus.
Banyak orang di seluruh dunia berlatih Falun Dafa, mereka ada yang dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Semua tahu bahwa Falun Dafa itu bagus.

Hendry Setiady said...

@sri : saya juga mau minta maaf kalau sampe buat mbak ga sependapat sama pendapat saya ini :)

terima kasih sudah komen mbak, terima kasih juga juga sudah sharing tentang pengalman mbak terhadap falun dafa :)

semua yang saya tulis di atas itu adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri, dari pengalaman itu maka saya buat kesimpulan, mungkin saya yang terlalu sensitif kali ya, jadi kesimpulannya begitu.

sekali lagi maaf mbak, kalau pendapat saya masih sama seperti yang sekarang ini :) GBU

Hendry Setiady said...

@tegarwongbali : thanks buat linknya :)

Hadianto Liu said...

@Hendry Setiady: Selamat ya, mas Hendry. Akhirnya diri anda bebas dari cengkeraman Ajaran Sesat "Falun Gong". Coba baca link berikut ini, mas...
http://erabaru.net/opini/65-opini/28656-renungan-bersama-di-akhir-zaman

zhenshanren said...

izin copas ya, gan. buat menyadarkan orang² yang ter-doktrin.
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11876329

Anonymous said...

hai semua salam kenal...menurut saya hal terbaik adalah kita tidak usah menghakimi apapun keyakinan orang lain apalagi masalah keyakinan dan agama karena secara tidak langsung tingkah laku kita merupakan cerminan dari agama ataupun keyakinan yg kita anut, hanya orang bijak yg menyadari kalo DIA berbeda-beda manifestasinya namun TUNGGAL adanya...jadi menurut saya jalani saja apa yg kita yakini dan ga perlu menghakimi keyakinan orang lain ;) salam damai.....

Anonymous said...

buat ano 2 july
yang dipermasalahkan adalah bahwa falun gong adalah sebuah agama baru dengan tuhannya si Li Hongzi, yang posisinya lebih tinggi dari buddha. padahal di indonesia agama yang diakui baru ada 6. jadi secara hukum agama ini ilegal! kalau ini hanya gerakan olah raga, kenapa hobby banget jelek jelekin pemerintah china? sampai diajak demo ke kedubes china. itu namanya sudah berpolitik, dan ga beda dengan pemberontakan taiping, ngakunya kristen, tapi sang pemimpin ngaku saudaranya yesus. parah bablas!

Anonymous said...

buat bro anonymous kami hanya mengklarifikasi fakta bahwa praktisi falun gong yg ada di china disiksa dan dianiaya bahkan ada yg organ tubuhnya diambil hidup2 secara paksa oleh pemerintah komunis... kami hanya menyuarakan kebebasan kami apakah orang yg ditindas disiksa, dianiaya, ditangkap lalu memprotes si penindas itu dibilang berpolitik?

Anonymous said...

ini pengalaman saya satu tahun lebih bareng org yg aktif kegaiatan tsb, dia satu agama satu keyakinan dengan saya. dia tu tidak "mau" menjalankan kewajiabanya sebagi umat hla saya punya kewajiabn tuk mengigatkan eh malah dia bilang "ngak penting alasanya dan cukup dengan kegitan kultivasi pa palah" hla distu sya jelaskan kewajiabnya dan hanya dia terus kegiatan itu jangan dicampur adukan dengan kegiatan tsb. eh ujung ujungan malah dia marah.
intinya sya agak ngak sreg dengan kegiatan ini klo oknum atau praktisinya malah dicampur dengan aqidah, kegiatanya meragukan kebenaranya. sesuatu yg ragu lebih baik ditinggalkan hhe

Anonymous said...

lanjut dari komen diatas
bukan maksud mempropaganda atau gimana
cma itu pengalaman dri saya saja sedikit bebagi
maaf sebelumnya klo memojokan,
saran saya ya jgn membawa keyakinan di dlam kegiatan tsb, juga sebaliknya.

Anonymous said...

Kalo menurut saya.. maaf. Pribadi. Tanpa ada sanggahan untuk yang lain.. sebenarnya.. masalah keyakinan itu masalah diri kita... dengan tuhan. Yang tentunya merupakan hak paling azazi yang dimiliki manusia.terlepas dari yang dipercayai oleh individu tersebut layak atau tidak layak... sah atau tidak sah... diakui atau tidak diakui... selama dengan kepercayaannya tidak merugikan orang lain..(penganiayaan...perampokan..pemerkosaan...pembunuhan..dsb) maka menurut saya bebas saja. Ketika kita tidak cocok atau tidak sependapat dengan apa yang orang lain anut.., ya silahkan. Bebas juga. Dan tidak perlu menghujat atau menghina. Agama manapun sejatinya mengajarkan kedamaian dan kebajikan. saya pribadi sebagai muslim.. kebetulan saya dilahirkan didunia sebagai umat islam.. mengutip satu quote dari kitab suci agama saya... yang kurang lebih bunyinya begini.. 'agamamu, agamamu..agama ku, agamaku.' Intinya. Suka ikuti.. kalo tidak.. silahkan berpegang teguh dengan apa yang anda yakini masing masing. Ga perlu ada hujatan. Dosa ga ditanggung rame rame kok. Sendiri sendiri sist.. bro... ini tentang pilihan paling mendasar dari hak manusia. Jadi ga usah ada benar salah dalam beragama. yang penting banyak temen dan ga saling menyakiti. Kita belum tentu benar. Saya pun bel m tentu benar. Inga inga... yang ngaku muslim.. ga oleh su'udzon. Santai aja.. yang penting kamu yakin dengan apa yang kamu pegang selama tidakmenyakiti orang lain. Permisi.. makasih udah bisa komen.. :)

Diklat Kompetensi Kepala Sekolah said...
This comment has been removed by the author.
Indra said...

Memang tidak mudah memahami Falun Dafa, karena sama sulitnya memahami konsep alam semesta yang berada di luar jangkauan logika manusia biasa. Untuk memahami itu dibutuhkan ketulusan dan keiklasan bahwa lahir sebagai manusia sesungguhnya menjalankan proses siklus kehidupan, yang awal dan akhirnya masih penuh rahasia Tuhan.

Unknown said...

@Anonymous: Maaf,Falun Gong itu bukan agama,mereka tidak ada ritual-ritual apapun. Kalo Falun Gong agama, kenapa mereka tidak ada pendoaan dan penyembahan? Dan kalo anda katakan Falun Gong agama sesat kenapa di amerika,kanada,australia,new zealand dan negara lain,setiap tahunnya memberikan pengharagaan "Falun Dafa Day"?
Terima Kasihh...

Unknown said...

@Anonymous: Maaf,Falun Gong itu bukan agama,mereka tidak ada ritual-ritual apapun. Kalo Falun Gong agama, kenapa mereka tidak ada pendoaan dan penyembahan? Dan kalo anda katakan Falun Gong agama sesat kenapa di amerika,kanada,australia,new zealand dan negara lain,setiap tahunnya memberikan pengharagaan "Falun Dafa Day"?
Terima Kasihh...

Unknown said...

maaf kekirim 2 kali

Unknown said...

anda sangat benar karena memilih falun gong saya kutu buku dan da belajar semua agama cuma falun gong yang sangat luar biasa belajar trus sampai berhasil ya

Unknown said...

hidup ini pilihan mau masuk lingkaran setan trus menerus yg penuh penderitaan yg dimainkan petasaan apa mempunyai jiwa bebas sejati

Unknown said...

telp saya yg ingin mengerti tentang apapun tentang manusia hidup buat apa tujuannya apa gratis apapun pertanyaanya saya jawzb dgn cepat tegas jelas dan berlogika tujuanku cuma menjelaskan supaya manusia tidak tersesat telp ke 08569906886 gratis untuk pertanyaannya cukup 15 menit thank semoga semua mahluk terselamatkan AMIN

Unknown said...

hidup ini pilihan mau masuk lingkaran setan trus menerus yg penuh penderitaan yg dimainkan petasaan apa mempunyai jiwa bebas sejati

Unknown said...

anda sangat benar karena memilih falun gong saya kutu buku dan da belajar semua agama cuma falun gong yang sangat luar biasa belajar trus sampai berhasil ya

emurdopo said...

Buat penganut Islam, Nabi Muhammad mengajarjan ayat2 yang berupa firman yg di sampaikan melalui malaikat Jibril. Nabi Muhammad tugasnya amat sangat berat karena banyak aspek kehidupan bangsa Arab wkt itu yg harus diperbaiki. Quran adalah girman merupakan Garis Besar Pengajaran dan sebagai dasar hukum. Juklak dan Juknisnya memakai teladan Nabi Muhammad. Namun falam Islam yg diajarkan secara luas itu tidak mengajarkan lebih jauhbtentang ayat2 kauniyah/ hukum alam semesta. Juga tidak mengajarkan pengolahan sistem energy tubuh/spiritual secara luas. Itu semua bukan Nabi Muhammad tidak mengerti, tapi bukan prioritas oada zaman itu. Nabi Muhammad tercatat sangat berhasil mengembangkan misi dakwahnya. Master Li hongzhi lahir pada zaman berbeda misinya berbeda. Master Li mengajarkan ayat2 kauniyah.. prinsip2 yang di sadari dari hasil meditasi/tafakur. prinsip2 inilah yang diajarka secara luas. Dia tidak lagi mengajarkan syariat (dalam abahas Arab yg artinya jalan kecil/jalan setapak menuju oaose). Master Li mengajarkan prinsip2 agar manusia mengurangi keterikatan terhadap sifat tamak dan egois. Satau lagi yg penting Master LI mengajarkan seperangkat latihan senam yang mengolah energy tubuh dan jiwa. Pengolahan energy ini prinnsipnya harus didasari niat yang bening/suci. Karena menurut master Li jika niat oengolahan energy ini dengan mengejar keinginginan ingin sakti, pamer atau komersil atau untuk membalas dendam maka bisa ditipu oleh Jin/Futi. Energi yg timbul atau kemampuan yg timbul justru krn Jin yg menempel pada TIANmu(pineal body). Prinsip ini mutlak berlaku pada aliran esoterik Islam maupun akiran2 esoterik/kebatinan lain.semoga memberikan sedikit gambaran tentang falun gong.

Unknown said...

Pendapat saya Falun Dafa sangat baik dan luar biasa,apapun pendapat orang lain saya tetap berpendapat Falun Dafa teramat
sangat bagus,satu hal yang saya inginkan saya ingin bertemu langsung dengan Shifu atau Guru Li Hong Zhi.

Anonymous said...

Kalo saya komen masih ada yg nyimak gak ya, soalnya ini posting udah lama banget.
Ok saya share pengalaman ikut berlatih falun, terus terang saya hanya ikut berlatih hanya 4 kali saja, karena mungkin ditempat saya kurang peminat akhirnya bubar. Saya tidak pernah membaca buku falun dan waktu itu hanya ikut berlatih senam dan meditasi saja. Yg saya rasakan ada perubahan emosional pd diri saya, waktu itu ada kejadian tikus masuk rumah dan atas dorongan istri saya bunuh tikus itu, anehnya setelah membunuh tikus itu tiba2 muncul perasaan menyesal yg sangat mendalam hingga tanpa saya sadari saya sampai menangis. Rasa penyesalan yg mendalam itu saya rasakan sampai semingguan. Mungkin ini efek dari berlatih falun, perasaan jadi sensitif.
Kalo skrg sih emosian lagi :D dah lama ga ikut latihan lagi.
Jadi menurut saya kalo takut terpengaruh ajaran falun yg dianggap sesat ya ga usah baca bukunya, ikut senam sama meditasinya aja biar badan dan fikiran jadi seger, sebenarnya masih pengen ikut latihan terus tapi males krn tempatnya jauh dari rumah saya dan latihannya pagi jam 7 .

Unknown said...

Falun dafa latihan menjadi orang baik.apakah itu sesat.yg belajar menjadi org jahat apakah mulia.dimana logika anda .?yg dilatih oleh praksis fln dafa adalah.sejati.baik.dan sabar.sebagi sumber daya universe .bukanya percaya secara membabi buta kami org2yg ter biasa berpikir dgnlogika.kami bkn klompok individu yg asal2an.ok

Unknown said...

Falun dafa latihan menjadi orang baik.apakah itu sesat.yg belajar menjadi org jahat apakah mulia.dimana logika anda .?yg dilatih oleh praksis fln dafa adalah.sejati.baik.dan sabar.sebagi sumber daya universe .bukanya percaya secara membabi buta kami org2yg ter biasa berpikir dgnlogika.kami bkn klompok individu yg asal2an.ok

Unknown said...

Saya ingin brtanya dari mana kah asal usul semua manusia.kalo anda jawab dari allah ada agama lain bilang dari tuhan lalu siapa yg menciptakan mereka (allahdantuhan)?

Unknown said...

Saya yakin anda takan mampu menjawab dari mana asal usul manusia. Dan siapa pencipta ( allah dan tuhan itu ) ok trimks!?

Anonymous said...

Untuk Hendry Setiady.

Bukan mau kritik. Tapi hanya mau mengusulkan. Sebelum menulis yg panjang2. Baiknya bukunya dibaca dulu. Setelah selesai baca. Silahkan Anda berkomentar. Falun Dafa bagus / tidak. Utk pendapat pribadi Anda. Kalau belum tuntas baca 1 buku. Sudah berkomentar. Malah membuat kesimpulan Anda di kritik banyak org.

Anonymous said...

Yang saya alami dengan Falun Dafa, keluarga saya diambang kehancuran!!!!!!! Untung saya tidak mempelajari Falun Dafa (walaupun istri berusaha mati-matian mengajak saya mempelajari Falun Dafa) sehingga saya dapat menyadarkan istri saya dari kehancuran hidupnya sendiri yang juga menjadi kehancuran dir saya dan anak2 saya. Karena saya tidak belajar Falun Dafa maka saya bisa memaafkan kebodohan istri saya. Karena saya tidak belajar Falun Dafa maka saya bisa menerima kembali istri saya dan berusaha mencintaikembali istri saya secara lebih.

Kenyataan yg saya alami:
sebelum belajar Falun Dafa, istri saya keimanannya walaupun masih tipis tetapi berusaha tetap mencari.
Setelah istri saya belajar Falun Dafa, keimanannya "bertambah" besar dan pasti dan tidak mencari lagi.
Sebelum belajar Falun Dafa, istri saya adalah orang yang sangat teliti, hati-hati dan tidak mudah tertipu.
Setelah belajar Falun Dafa, istri saya menjadi korban tipuan laki-laki kunyuk pengikut Falun Dafa. Asyuuu tenan orang ini. Dan asyuu tenan Falun Dafa itu.

Falun Dafa membuat orang mudah dikibuli, mudah tersesat!!!

Anonymous said...

Siapa saja yang menjadi anggota Falun Dafa, saya ingin bertanya kepada Anda. Apakah Anda sekalian kenal yang bernama TOMMY HENDRATMOKO??? Apakah anda sekalian ada yang tahu keberadaannya? Apakah Anda tahu siapa nama sebenarnya si tommy hendratmoko ini? Apakah anda tahu alamat rumah si tommy hendratmoko ini?

Kalau ada yang mengetahui, sebagai ujud kultivasi anda dan sebagai penjabaran dari sejati-baik-sabar Anda, silahkan anda informasikan kepada saya di ronacipta.yogya@gmail.com. Kalau dibutuhkan dana untuk membayar informasi yang anda punyai, saya sanggup membayarnya.

Unknown said...

Awas penipu dan penjahat kelamin berkeliaran di group2 Falun Dafa. Para wanita dan para lelaki harus waspada dengan orang ini karena yang diajak nge-sex dengan tipu daya dan guna2 bukan hanya wanita saja tetapi juga para pria bakalan di SODOMI. Bejat banget orang ini walaupun dalam setiap aksinya terlihat sangat sopan dan sangat suci bak dewa turun ke dunia.
Hati-hati dengan nama2 ini:
TOMMY HENDRATMOKO / MBAH POPO / RANGGA / RANGGA TOHJAYA / BIKSU TONG / Jovino Hidayat / Anokhi Hamasiah / Chiko Wisely / Herawati Rumondor

Diatas adalah nama alias dari orang tersebut dalam menjalankan aksinya.

INGAT!!! WANITA DAN LAKI-LAKI TIDAK AKAN SELAMAT DARI TERKAMAN BIRAHI ORANG INI.

Duks said...

Karena satu atau beberapa orang berbuat tidak benar dapat merusak sesuatu yang benar.
Benar banyak orang yang bermental tidak baik manfaatkan apapun yang dapat memberikan keuntungan pribadi.
Dalam falun dafa setahu saya diajarkan watak yang baik, jangan merugikan orang lain saat bertindak.

Asep fahrul jaelani said...

saya juga pernah beberapa lama berlatih falun dafa, 3 kali khatam baca buku zhuan falun dan artikel tentang ceramah shifu seminar di berbagai negara. Namun sekarang saya berhenti, karena memang saya sadari bahwa falun dafa bukan sekedar gerakan senam saja, akan tetapi juga suatu kepercayaan, keyakinan dan ini bertentangan dengan agama saya. saya mendapatkan suatu kenyataan bahwa para praktisi senior falun dafa yang dulunya mereka beragama islam ataupun kristen/ katolik lalu meninggalkan agamanya dan beralih sepenuhnya kepada kepercayaan falun dafa. Falun dafa memang bukan agama tapi ajarannya mengajak orang untuk meninggalkan agamanya atau ada pemahaman dalam falun dafa bahwa agama tidaklah berguna dan tidak pentng dalam kehidupan ini.