Monday, November 29, 2010

Psikologi abnormal

Hari ini adalah pertemuan terakhir kelas psikologi abnormal, cukup menyedihkan bagiku :( minggu depan sudah libur minggu tenang, dan minggu depannya lagi sudah ujian akhir semester.. entah kenapa ya di kelas ini kok aku merasa berat untuk meninggalkannya. Kalau aku ingat-ingat lagi, tidak banyak kelas yang bagiku berkesan. Hanya ada 2 kelas sepertinya: terapi musik dengan remaja dan kelas ini, psikologi abnormal.

Aku baru merasakan ternyata kelas ini berkesan adalah ketika sang ibu dosen menanyakan mengenai kesan-kesan mengikuti kelas ini. Pada saat itu aku jadi lebih sadar kalau ini adalah pertemuan terakhir (sebenarnya sih sudah tau dari kemarin-kemarin kalau ini adalah pertemuan terakhir, tapi karena adanya sharing ini jadi lebih sadar lagi) dan sangat berat meninggalkan kelas ini :( apalagi ditambah mendengar kalimat yang diucapkan sang ibu dosen, “kalau ketemu saya manggil, jangan sombong.” :’(

Ketika aku ditanya apa kesan-kesan mengenai kelas psikologi abnormal, aku menjawab, “ada baik dan ada nggaknya.” Satu hal yang masih aku sesali sampai sekarang adalah aku hanya menyebutkan kesan yang tidak baiknya :( haduuuh… kenapa aku bisa sampe ga nyebutin kesan baiknya yah??? :( momen seperti tadi tidak akan bisa terulang lagi sih… ya sudah nasib…

Tulisan ini aku buat sebagai pengingat kalau aku pernah mengalami kelas yang berkesan :) hal yang membuatku berkesan adalah pribadi dari ibu dosennya sendiri :) bagiku dia tidak menjadi tua sebelum waktunya haha… gokil, keren, mantap! aku suka cara dia mengajar, cara dia bercanda, apalagi waktu tertawa hahahahahaha… ga jaim, masih gaoel, ga sok formal. Beliau juga tidak menunjukkan sikap yang “merasa lebih tua.” “gue dosen, lu harus hormat sama gue”. Beliau orang yang santai dan juga menghormati mahasiswanya :) panggilan akrbanya kepada para mahasiswanya adalah “dek.” I like it teacher! :)

Sikapnya yang seperti itu bagi saya tidak akan mengurangi wibawanya sebagai dosen sih. Ya dia tetap dosen dan aku (termasuk teman-teman yang lain) tetap menghormatinya sebagai dosen :)

Pelajaran yang aku dapat dari kelas psikologi abnormal (selain materi kuliahnya) adalah “janganlah Anda menjadi tua sebelum umurnya.” Mantap! :)

No comments: